Misteri Di Balik Cerita Alas Roban

Avanoustic.net - Demikian nama yang sering kali kita dengar jika dikaitkan dengan kisah misteri khususnya di Pulau Jawa. Di sini kita bukan hanya ingin menampilkan kembali kisah-kisah seramnya saja, tapi saya juga ingin menggali sejarah singkat kisah misteri di balik cerita Alas Roban, sehingga kita tahu latar belakang yang menyebabkan suatu kisah bisa terjadi.

Lokasi: Kawasan hutan jati di Plelen, Grising, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Perkiraan waktu kejadian: sekitar tahun 1808-1811 (korban pembangunan De Grote Postweg), tahun 1980-an (korban petrus masa orde baru) dan tingginya angka kecelakaan lalu lintas sampai sekarang.

Latar belakang sejarah:
Jalanan yang dibangun pada era pemerintahan Gubernur Jendral Herman Willem Daendels, seorang Gubernur Jendral Hindia Belanda ke-36 yang memerintah antara tahun 1808-1811. Jalan yang lebih dikenal dengan sebutan De Grote Postweg yang berarti Jalan Raya Pos ini dibangun untuk tujuan pembangunan infrastruktur sebagai dampak dari pertumbuhan penduduk.

Tempat Berhantu
Efek samping dari pembangunan ini adalah kerusakan hutan di Jawa khususnya wilayah utara. Namun ini harus dilakukan guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian penjajah Belanda meskipun sangat berimbas pada kehidupan rakyat di daerah sekitar.

Di sisi lain, hal yang mengerikan adalah banyaknya korban jiwa akibat proses pembangunan tersebut. Dari beberapa referensi yang saya dapatkan, tercatat hingga ribuan orang pribumi menjadi korban pada saat itu.

Selain hal di atas, saat pada masa orde baru, area alas roban pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan mayat korban dari sebuah operasi rahasia yang pada masa itu sangat terkenal dengan sebutan petrus atau penembak misterius sekitar tahun 1980-an. Hal ini didasari dari banyaknya saksi hidup yang mengatakan bahwa hampir sebagian besar para korban petrus saat itu di buang di area alas roban ini.

Tidak hanya itu, di daerah tersebut juga sudah sering sekali terjadinya kecelakaan lalu lintas dan kabarnya sudah banyak pula yang meninggal di sana akibat kecelakaan tersebut. Dari informasi-informasi yang saya dapatkan dijelaskan bahwa memang intensitas angka kecelakaan di area alas roban ini cukup tinggi.

Namun, saya sedikit kurang setuju jika setiap kecelakaan yang terjadi di area alas roban itu hanya disebabkan oleh ulah dari makhluk astral saja. Bagaimanapun juga faktor utama adalah tetap manusianya itu sendiri ditambah dengan kondisi jalan di area alas roban yang tidak sebagus jalur jalan di daerah lainnya.

Dari tiga sejarah latar belakang dan masa lalu di atas saja sudah bisa membuat pikiran kita tertuju pada bagaimana angkernya tempat ini dan bisa membuat bulu kuduk merinding, meskipun masih banyak sejarah-sejarah masa lalu lainnya dari alas roban ini yang tentu saja tidak bisa di ulas secara detail satu per satu dikarenakan keterbatasan waktu. Namun, yang jelas kisah misteri di Indonesia ini sebenarnya tidaklah jauh lebih seram dari cerita-cerita misteri lainnya yang ada di luar negeri.

Tempat BerhantuBerbicara tentang alas roban ini mengingatkan saya saat masih kecil dulu. Saat itu saya sering sekali melintasi jalan alas roban jika ingin berkunjung ke tempat keluarga besar nenek saya dari Jakarta.

Dahulu, jika saya pergi saat malam hari, sepanjang jalur alas roban sangatlah gelap, ditambah dengan pohon-pohon jati besar yang rindang dan juga kondisi jalanan yang tidak semulus seperti sekarang, banyak lubang, berkelok dan curam. Dan terakhir kali saya melintasi jalan alas roban ini sekitar satu tahun lalu saat dari Semarang kembali ke Jakarta.

Mungkin kondisi jalan saat ini tidak sesepi dan segelap dulu, akan tetapi saya masih merasakan suasana mistis yang tebal di lokasi tersebut. Bahkan, jika Anda pergi melintasi jalan ini saat malam hari, suasana mencekamnya akan semakin terasa.

Maklum saja, selain daerah ini terkenal dengan aksi tindakan kriminalitasnya, para makhluk astral pun banyak menampakkan diri. Mulai dari sosok-sosok yang sudah tidak asing lagi di telinga kita seperti kuntilanak, buto, genderuwo, banaspati, pocong, tuyul, siluman berbentuk binatang, sampai sosok-sosok seperti wanita atau-pun orang tua yang berdiri di pinggir jalan seperti mencari tumpangan pun sering sekali menampakkan diri.

Namun, saya tidak menyarankan kepada Anda untuk melewati jalan ini saat malam hari karena faktor keselamatan diri. Apalagi sekarang kan sudah ada alternatif jalur lain sebagai jalan tembusannya yang pembangunannya sekitar tahun 1990-an dan 2000-an dan sudah lama selesai.

Tempat Berhantu
Boleh dibilang tingkat interaksi antara makhluk halus dengan manusia di daerah ini cukup tinggi. Hal ini didasari selain dari pengalaman pribadi saya sendiri yang melihat banyaknya penampakan dan interaksi baik fisik maupun batiniah, juga didasari pada cerita-cerita masyarakat setempat yang banyak mengatakan, jika para makhluk halus di alas roban sangat senang sekali ikut/numpang (nunut atau nggandoli istilah bahasa jawa-nya) para pengendara yang melintas.

Di sinilah terkadang kejahilan mereka itu membuat kita merasakan ketakutan yang sangat luar biasa. Dengan bermacam-macam rupa yang aneh dan tentu saja buruk sengaja di tampakkan agar kita menjadi takut dan pada akhirnya konsentrasi kita menjadi pecah dan terganggu.

Tidak sampai di situ saja, terkadang para makhluk astral yang berada di daerah tersebut memberikan suatau gangguan secara fisik dengan menyentuh daerah atau bagian-bagian tertentu dari tubuh kita misalnya, mencubit, meraba punggung, memegang bagian kaki atau tangan, meniup atau berbisik atau teriak di dekat telinga, sampai membuat seseorang menjadi kesurupan atau kemasukan. Tentu saja semua itu dilakukan mereka agar kita menjadi takut, gugup dan tidak berani.

Namun, saya yakin jika kita memiliki niatan baik serta selalu berdoa mulai dari awal sampai akhir perjalanan, maka suatu hal-hal yang bersifat negatif yang mengganggu kita akan pergi menjauh. Oleh sebab itu, kondisi kebugaran fisik dan batin kita haruslah benar-benar baik agar sampai ke tempat tujuan. Inilah faktor yang utama yang harus kita ketahui dan sadari.

Semoga sepenggal kisah dan artikel tentang misteri di balik cerita Alas Roban di atas memberikan manfaat bagi Anda semua sahabat Avanoustic.

Untuk Berlangganan Berita Terbaru

5 Responses to "Misteri Di Balik Cerita Alas Roban"

  1. Serem banget nih gan -_- emng situ ga takut?

    Kunjungan baliknya ya di http://bangconslet.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah biasa gan... makasi kunjungannya. ok segera ke tkp :d

      Delete
  2. selalu berdoa memohon perlindunganNya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu harus mas, mengingat kita tidak pernah tahu suatu hal yang akan terjadi sama kita :)

      Delete
  3. ngeri banget ya gan ceritanya , yang penting pikiran kita gak boleh kosong , harus selalu ingat sama Yang Maha Kuasa ..

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Anda dan patuhilah peraturan berkomentar di blog ini:

- Berkomentarlah sesuai dengan relevansi
- Link hidup, promo dan spam otomatis akan dihapus
- Dilarang sesuatu hal yang mengandung unsur SARA