5 Hewan Sebagai Pertanda Kehadiran Makhluk Halus

Avanoustic.net - Memang tidak semua orang dapat mengetahui tentang keberadaan dari makhluk halus.

Akan tetapi, meskipun tidak semua dari kita dapat melihatnya, namun masih dapat untuk merasakan energi akan kehadiran makhluk halus tersebut. Ambil contoh sederhananya saja, dimana terkadang saat kita berada di suatu lingkungan atau tempat asing atau sebuah suasana sepi maka sering kali kita dapat merasakan adanya sesuatu hal yang aneh di sekitar kita.

Selain itu, suasana akan menjadi lebih seram dan menakutkan saat disertai dengan adanya tanda-tanda alam tertentu. Salah satu tanda-tanda alam tersebut adalah perilaku-perilaku aneh dari hewan-hewan yang ada di sekitar kita.

Seperti layaknya sebuah "urban legend" atau pun mitos, secara umum di dalam suatu keyakinan lingkungan masyarakat kita mempercayai bahwa perilaku-perilaku aneh yang ditunjukkan oleh hewan yang ada di sekitar merupakan salah satu tanda akan kehadiran dari makhluk halus. Benar atau tidaknya hal itu, semua dikembalikan lagi pada keyakinan anda masing-masing.

Setelah berselancar mencari sumber artikel ke sana kemari, ditambah lagi dengan bertanya pada beberapa orang-orang tua yang saya temui di lingkungan rumah, akhirnya saya dapat merangkum artikel saya kali ini dalam "5 Hewan Sebagai Pertanda Hadirnya Makhluk Halus".

1. Burung Hantu

Burung yang satu ini memang sangat terkenal di dunia mistis dan tidak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Dalam kepercayaan masyarakat pada umumnya menyebutkan bahwa burung hantu sangat erat kaitannya dengan kehadiran dari makhluk halus dan merupakan simbol kematian. Selain hidupnya lebih banyak dihabiskan di malam hari, tidak banyak orang yang menyukai jenis burung ini karena bentuk dari wajahnya yang aneh dengan mata yang besar.

Mitos, Paranormal
Photo: Bedjo namanya/Alca Mahameru
Salah satu mitos yang banyak berkembang di lingkungan kita yaitu, apabila kita mendengarkan suara burung hantu di malam hari di suatu tempat tertentu, maka segera masuk ke dalam rumah atau pergi jauh meninggalkan daerah dimana burung hantu tersebut bertengger.

Konon kabarnya, jika kita masih tetap di tempat tersebut, maka kita akan mendapatkan gangguan fisik (poltergeist) dari makhluk halus yang hadir di tempat tersebut atau yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kesurupan seperti halnya histeria massa.

Menurut beberapa penjelasan dari orang-orang tua yang saya temui mengatakan bahwa, suara burung hantu itu dapat mengundang dan sebagai pertanda akan kehadiran sosok makhluk gaib yang dalam kepercayaan orang Jawa disebut "Batara Kolo".

2. Ayam Jantan

Mungkin diantara semua hewan yang mengandung mitos akan pertanda kehadiran makhluk halus, ayam jantan adalah mitos yang paling banyak dipercayai. Kita pasti sudah terbiasa mendengarkan kokok ayam jantan di pagi hari atau siang hari. Namun, bagaimana bila ayam jantan tersebut berkokok saat malam hari atau di tengah malam jauh sebelum waktu pagi datang?

Konon menurut cerita orang-orang tua dulu, apabila ada ayam jantan berkokok atau dalam bahasa Jawa nya disebut "kluruk" sebelum waktunya, maka itu suatu pertanda bahwa ada proses kelahiran yang terjadi di daerah yang tak jauh dari kokok ayam tersebut.

Selain itu, kokok ayam jantan di malam hari juga dipercaya sebagai pertanda jika ada hantu atau jin yang sedang beraktivitas di daerah tersebut. Banyak yang mengatakan jika setelah suara kokok ayam jantan, maka sering sekali diikuti oleh suara-suara seperti tangisan atau tawa sosok hantu wanita yang dikenal dengan sebutan "kuntilanak". Bukan hanya itu saja, penampakan dan gangguan dari sosok-sosok makhluk astral pun sering kali diceritakan.

3. Anjing

Anjing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Selain dijadikan sebagai teman bagi majikannya, kepintaran anjing juga banyak dimanfaatkan sebagai binatang penjaga ataupun sebagai hewan pemburu. Namun, apa yang ada di pikiran anda jika tanpa sebab tiba-tiba anjing tersebut melolong atau menggonggong dengan arah pandangan yang berbeda?

Yah, mungkin ada orang asing yang sedang menuju atau melewati tempat anda. Tapi, apa yang akan anda pikirkan lagi jika ternyata tidak ada satupun orang yang sedang melintas atau menuju ke tempat anda namun si anjing tetap menggonggong?

Mitos yang beredar luas bahkan menjadi suatu kepercayaan jika gonggongan anjing merupakan pertanda akan hadirnya makhluk gaib di tempat kita. Banyak yang percaya jika selain memiliki indera penciuman dan pendengaran yang tajam, anjing juga memiliki kepekaan dalam pandangan. Bahkan banyak yang menilai jika anjing mampu berinteraksi dengan makhluk halus yang ada di sekitar. setiap gonggongan anjing dipercaya sebagai suatu interaksi langsung kepada sosok hantu atau setan tersebut, sekaligus sebagai alarm atau peringatan bagi orang bahwa telah hadir sosok-sosok dari makhluk astral di sekitar kita.

4. Burung Gagak

Ada beberapa jenis burung yang menandakan sesuatu yang buruk tentang kematian dan identik dengan makhluk halus. Burung yang pertama adalah burung hantu yang sudah kita bahas di atas. Burung lainnya yaitu burung gagak.

Konon mitos nya adalah, apabila di rumah anda dikelilingi oleh burung gagak dengan suara kicauan nyaring nya, maka hal itu menunjukkan akan ada orang yang meninggal. Tentu saja ini merupakan suatu kabar berita yang buruk bagi kita. Selain sebagai pertanda pembawa kabar kematian, burung gagak juga dipercaya sebagai suatu simbol pembawa kesialan. Banyak orang yang percaya jika simbol tersebut dapat diartikan sebagai suatu musibah untuk suatu keluarga yang diakibatkan oleh sihir yang ditujukan kepada rumah yang dikelilingi atau dihinggapi burung gagak.

Mitos lainnya yaitu, burung gagak seringkali disimbolkan sebagai tumpangan atau kendaraan bagi mahluk halus atau roh jahat yang akan datang, mengganggu dan memberi ancaman ke tempat kita.

5. Kucing Hitam

Di beberapa negara Eropa, kucing hitam dipercaya sebagai makhluk mistis. Hal ini dikarenakan mereka percaya jika kucing hitam adalah jelmaan dari seorang penyihir. Tidak sedikit orang percaya bahwa kucing hitam adalah hewan pembawa sial, walaupun beberapa toko-toko menggunakan simbol kucing dan memelihara kucing sebagai pembawa keberuntungan.

Kepercayaan akan kucing hitam yang melewati atau melangkahi seorang mayat pun dianggap sebagai pertanda yang kurang baik. Selain itu, konon banyak diceritakan pula jika kucing hitam yang mengeluarkan suara seperti kesedihan atau suara dengan pekikan besar di malam hari, merupakan pertanda bahwa telah hadir sosok-sosok makhluk halus disekitarnya. Banyak yang percaya jika setiap langkah dari kucing hitam itu dapat diartikan bahwa sang kucing sedang mengikuti kemana atau dimana sosok hantu itu berada.

Itu tadi 5 Hewan Sebagai Pertanda Kehadiran Makhluk Halus yang berhasil saya himpun dari berbagai sumber baik online maupun melalui sebuah interview. Pada dasarnya, artikel di atas hanyalah sebuah cerita dan kisah mitos, tanpa ada maksud dan tujuan tertentu. Harapan saya adalah agar Anda dapat menyikapi nya dengan baik dan bijak.

Untuk Berlangganan Berita Terbaru

0 Response to "5 Hewan Sebagai Pertanda Kehadiran Makhluk Halus"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda dan patuhilah peraturan berkomentar di blog ini:

- Berkomentarlah sesuai dengan relevansi
- Link hidup, promo dan spam otomatis akan dihapus
- Dilarang sesuatu hal yang mengandung unsur SARA