-->

Hiu Goblin Langka Tertangkap Di Australia

Avanoustic.net - Sebuah spesies hiu yang sangat langka dan dianggap sebagai "dinosaurus hidup", dilaporkan telah tertangkap di lepas pantai New South Wales, baru-baru ini.

Spesies ini dikenal sebagai hiu goblin atau "goblin shark". Dan menurut para ilmuwan, spesimen hiu yang tertangkap tersebut merupakan spesimen yang sangat jarang sekali terlihat karena mereka biasanya tinggal di perairan dekat dasar laut di sekitar kedalaman 1.200 meter.

Jenis hiu ini diketahui tidak menyukai sinar matahari dan lebih memilih kegelapan dasar laut, sehingga mereka juga dikenal sebagai "vampire shark".

Misteri
Image: Narooma News
Nelayan yang menemukan spesimen hiu muda ini adalah Lochlainn Kelly dan ayahnya Mike. Nelly menjelaskan bahwa, hiu dengan bentuk wajah menakutkan ini secara tidak sengaja tersangkut di dalam jaring mereka, saat mereka tengah memasang perangkap ikan di Pantai New South Wales, Australia.

Dalam keterangan yang diberikan kepada Sydney Morning Herald, awalnya mereka pergi menangkap ikan dan hanya memasang jaring pada kedalaman 609 meter di bawah permukaan air di dekat Green Cape, selatan Pantai New South Wales. Mengetahui ada sesuatu hal yang aneh pada salah satu ikan yang mereka tanggap, ia dan ayahnya kemudian memisahkan hiu goblin tersebut dari ikan lainnya.

Namun sayangnya hiu langka tersebut telah mati karena mungkin mengalami kelelahan saat tersangkut jaring terlalu lama. Mereka kemudian membawa spesimen hiu langka tersebut ke the Wharf Aquarium di Pantai Merimbula, sebelah utara dari Pantai New South Wales.

Misteris
Image: Narooma News
"Saya tidak panik, tapi saya cukup bersemangat", kata Kelly kepada Sydney Morning Herald.

"Saya telah melihat foto-foto mereka sebelumnya, tapi saya belum pernah melihat aslinya".

Di Merimbula, Michael McMaster dan Alan Scrymgeour, kurator the Wharf Aquarium dari the Sapphire Coast Marine Discovery Centre, mempelajari makhluk itu dan terpana oleh penemuan menakjubkan tersebut. Mereka menjelaskan bahwa, hiu goblin adalah spesies terakhir yang diketahui berasal dari Mitsukurinidae, spesimen keluarga hiu dari 125 juta tahun yang lalu.

Misteri
Image: Narooma News
Mereka memutuskan bahwa spesimen hiu goblin langka tersebut berusia dua sampai tiga tahun, dilihat dari ukurannya yang relatif lebih kecil yaitu hanya 1,2 meter. Padahal, sebuah hiu goblin dewasa memiliki panjang antara tiga dan empat meter.

"Gigi mereka sering ditemukan pada kabel listrik bawah laut", kata McMaster kepada Narooma News.

"Banyak nelayan telah mengatakan bahwa arus laut sangat berbeda tahun ini. Dan hal ini mungkin ada hubungannya dengan bagaimana hiu ini bisa tersangkut di jaring nelayan".

Hiu goblin tersebut telah direncanakan akan dikirim dari Wharf Aquarium ke the Australian Museum, Sydney, untuk kemudian akan dipamerkan.
Buka Komentar
Template By Muh Akram