-->

Para Astronom Ingin Ketahui Kehidupan Alien

Avanoustic.net - Selama beberapa dekade, SETI Institute telah banyak mendengarkan suara-suara dan sinyal komunikasi misterius yang berasal dari luar angkasa.

Melihat kenyataan akan hal itu, para ilmuwan SETI kemudian memiliki sebuah ide untuk mengirimkan pesan komunikasi dari sinyal radio ke luar angkasa, sebagai upaya untuk mengetahui apakah ada atau tidak kehidupan cerdas seperti para Alien di luar bumi dalam alam semesta ini.

Sekarang dalam usahanya untuk meningkatkan gagasan atau ide mereka, para ilmuwan berencana untuk memulai melakukan pengiriman sinyal pesan radio ke kedalaman ruang dalam usahanya untuk menarik perhatian setiap makhluk luar angkasa yang akan merasa penasaran, dan tidak menutup kemungkinan akan pergi keluar untuk mengunjungi kita.

Alien
Image credit: NASA
Untuk memaksimalkan peluang sinyal pesan yang mereka kirimkan dapat diterima, maka para ilmuwan akan mencoba untuk mengarahkan ke beberapa planet yang berpotensi sebagai planet layak huni, yang telah ditemukan oleh para astronom sebelumnya.

"Mungkin ada banyak peradaban di luar sana, tetapi jika mereka semua hanya mendengarkan dan tidak ada yang mengirimkan sinyal maka tidak akan terjadi", kata kepala eksekutif SETI, David Black, kepada kantor berita Space.

"Satu pertanyaan adalah. Jika kita pergi ke depan, apa yang harus kita kirim? Apakah harus karya beberapa ilmuwan atau kita harus melibatkan seluruh dunia, mungkin melalui internet?".

Menanggapi ide yang akan dilakukan oleh SETI, banyak ilmuwan yang telah menyetujui dan mendukung proyek ini. Namun, beberapa ilmuwan terkenal lainnya seperti Profesor Stephen Hawking, telah mengkritik gagasan ini dengan menyebutkan bahwa proyek tersebut merupakan sebuah usaha yang berbahaya.
Menurut Hawking, hal ini atas dasar bahwa keberadaan penyiaran kita bisa memiliki konsekuensi yang mengerikan jika pesan itu kemudian diterima oleh ras luar angkasa atau makhluk Extraterrestrial yang memiliki misi untuk bermusuhan.

"Jika Alien yang mengunjungi kita, hasilnya akan jauh seperti ketika Columbus mendarat di Amerika, yang tidak berubah menjadi baik bagi penduduk asli Amerika", kata Prof Hawking.
Tags:
Buka Komentar
Template By Muh Akram