-->

Apakah Alam Semesta Di Ambang Kehancuran?

Avanoustic.net - Beberapa ilmuwan percaya bahwa, kosmos pada akhirnya nanti akan runtuh ke dalam dirinya sendiri di dalam sebuah kondisi krisis yang besar atau 'Big Crunch'.

Kebalikan nyata dari 'Big Bang', Big Crunch akan melihat runtuhnya semua materi dan energi di alam semesta untuk kembali mengalami penurunan ke satu titik kepadatan dan temperatur yang tak terbatas, demikian Digital Journal mewartakan.

Ini adalah salah satu dari beberapa teori yang diajukan oleh para ilmuwan untuk menjelaskan bahwa, apa yang mungkin menjadi akhir dari alam semesta. Mereka juga mengasumsikan bahwa, ekspansi pada saat ini hanya untuk memperlambat atau pergi menghindar untuk sementara waktu.

Ruang Angkasa
Image credit: NASA/ESA/ESO
Beberapa ilmuwan percaya bahwa seluruh siklus Big Bang dan Big Crunch bahkan mungkin dapat terjadi secara berulang-ulang dalam putaran yang tak terbatas.

Untuk mendukung teori ini, dua fisikawan baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah tentang perincian model baru yang menunjukkan bahwa, awal keruntuhan alam semesta ini mungkin akan semakin lebih dekat dari apa yang kita pikirkan.

"Menurut mekanisme baru, alam semesta berasal di bawah satu paket kondisi awal tertentu, sehingga secara alami berkembang menuju percepatan seperti keadaan sekarang ini, serta akan melanjutkan jalan menuju kehancuran", ungkap Antonio Padilla dari University of Nottingham, yang telah menerbitkan sebuah makalah di Physical Review Letters.

Secara garis besarnya, krisis besar akan diprediksi mendahului keruntuhan pada masa akhir percepatan kosmik, hal tersebut sesuai dengan apa yang terjadi pada saat ini berdasarkan pengamatan mereka.

Meskipun digambarkan sangat 'dekat', namun keruntuhan tentu bukanlah sesuatu yang perlu kita khawatirkan. Dalam hal praktis, keadaan tersebut mungkin masih akan terjadi puluhan miliar tahun lagi.
Buka Komentar
Template By Muh Akram