Astronom Legendaris Kritik Rencana Kontak Alien

Avanoustic.net - Frank Drake telah mengkritik rencana untuk menghubungi Alien. Astronom legendaris tersebut percaya bahwa itu akan menjadi suatu hal 'bodoh' untuk mencoba mengirimkan pesan ke luar angkasa.

Keputusan yang diambil oleh para ilmuwan dari SETI Institute untuk mencoba melakukan komunikasi dengan peradaban luar angkasa atau makhluk Extraterrestrial dengan mengirimkan pesan sinyal terhadap planet terdekat, telah terbukti menunjukkan bahwa siapa pun bisa diharapkan.

Namun beberapa ilmuwan seperti Profesor Stephen Hawking, telah meragukan kebijaksanaan penyiaran keberadaan kita untuk spesies asing yang berpotensi bermusuhan. Sementara yang lainnya telah mencap proyek itu sebagai usaha yang hanya akan membuang-buang waktu dan uang, yang seharusnya bisa digunakan di tempat lain.

Alien, Extraterrestrial
Image credit: DeviantArt/MasPix
Frank Drake, astronom yang terkenal karena mengembangkan persamaan dalam rancangan untuk memperkirakan berapa banyak peradaban maju luar bumi dalam galaksi kita sendiri, telah membuat pertimbangan lain dalam perdebatan diantara para ahli. Ia mengatakan bahwa, mengirim pesan pada saat ini akan menjadi hal yang sangat sia-sia.

Keberatannya berasal dari pandangannya bahwa proyek tersebut tidak akan memberikan manfaat untuk setidaknya 50 sampai 100 tahun akan datang. Drake lebih sependapat jika kita lebih baik melanjutkan upaya pencarian lain yang lebih efisien seperti halnya pencarian sumber daya yang ada di luar planet Bumi kita, untuk kemudian dimanfaatkan sebagai sumber energi ras Bumi di masa akan datang.

Drake juga menyatakan bahwa, makhluk luar angkasa atau ras Alien yang jauh lebih maju dari manusia tidak akan mungkin untuk melakukan perjalanan antar bintang-bintang. Menurutnya, hal ini karena kebutuhan energi yang sangat besar yang diperlukan untuk melakukan perjalanan, bahkan jarak pendek sekalipun.

Dalam perhitungannya disebutkan, untuk 100 tahun perjalanan ke bintang terdekat di sepersepuluh kecepatan cahaya, dapat mengakibatkan kebutuhan energi setara dengan output dari daya seluruh wilayah Amerika Serikat selama 200 tahun.

Sejauh ini, pihak ilmuwan dari SETI Institute masih tetap gigih untuk memperjuangkan ide mereka, dalam mengkampanyekan rencana pengiriman pesan sinyal kepada makhluk cerdas di luar bumi kita, sebagai usaha untuk mendapatkan bukti tentang keberadaan mereka.
Tags:
Buka Komentar
Template By Muh Akram