-->

Bulan Kecil Terlihat Di Asteroid Raksasa

Avanoustic.net - Asteroid yang dikenal sebagai 2004 BL86, telah terbang melewati Bumi pada akhir Januari lalu pada jarak 1,2 juta kilometer.

Batu angkasa besar ini melewati planet kita dalam jarak yang cukup dekat sebelum akhirnya kembali berkelana di luar angkasa, dan ini mungkin telah menjadi pertemuan terdekatnya selama dua abad.

Namun yang membuat para astronom terkejut adalah, secara tidak terduga asteroid raksasa itu ternyata telah membawa pendamping sepanjang perjalanannya dalam bentuk bulan kecil berukuran diameter hanya 70 m, yang telah terekam dalam foto-foto yang diambil dari Bumi.

Ruang Angkasa
Image credit: NASA/JPL-Caltech
Dan asteroid berikutnya yang akan melintas dengan jarak dekat adalah 1999 AN10. Menurut para astronom, batu ruang angkasa ini memiliki ukuran lebih besar dari 2004 BL86, dengan potensi kedekatan jarak 36,000 km dari planet kita di tahun 2027 nanti.

Sementara sebagian besar asteroid dengan ukuran raksasa dalam tata surya kita telah ditemukan dan diketahui oleh astronom, namun ancaman yang nyata justru datang dari objek yang memiliki ukuran lebih kecil antara 100 m dan 1 km.

Ini akan menjadi sebuah masalah karena para astronom menganggap bahwa hal tersebut lebih sulit untuk dideteksi. Mereka menjelaskan, salah satu dari jenis asteroid ukuran kecil bisa menyebabkan kerusakan yang luas jika mereka menghantam kita, bahkan sekalipun mereka tidak cukup besar namun tetap mampu menghancurkan Bumi.

Saat ini diperkirakan ada sekitar 20.000 batuan ruang angkasa dengan ukuran kecil dan sedang yang tengah meluncur di sekitar kita. Dan sejauh ini, hanya sebagian kecil dari mereka telah berhasil diidentifikasi dan dilacak.
Buka Komentar
Template By Muh Akram