-->

Curiosity Rover Tegaskan Metana Di Mars

Avanoustic.net - Spektrometer laser merdu pada SAM (Sample Analysis at Mars) dalam instrumen robot Curiosity, telah tegas mendeteksi adanya peningkatan episodik dalam konsentrasi metana di atmosfer Mars, setelah analisis mendalam terhadap data yang diperoleh selama 605 hari.

Hal ini terungkap dalam sebuah artikel yang ditulis oleh para ilmuwan dari misi MSL (Mars Science Laboratory), yang diterbitkan di dalam jurnal Science. Salah satu penulis artikel ini adalah Francisco Javier Martín Torres, seorang peneliti dari Andalusian Institute of Earth Sciences (CSIC-UGR).

Ini mengakhiri kontroversi lama pada keberadaan metana di Mars, yang dimulai lebih dari satu dekade lalu ketika gas ini pertama kali terdeteksi dengan teleskop dari Bumi. Kontroversi semakin meningkat setelah itu dengan pengukuran yang diperoleh melalui satelit yang sedang mengorbit.

Ruang Angkasa
Photo credit: NASA
"Ini adalah temuan yang ditempatkan untuk membayar kepada semua pertanyaan tentang keberadaan metana di atmosfer Mars", kata Francisco Javier Martín Torres.

"Tapi hal itu menimbulkan beberapa pertanyaan baru yang lebih kompleks dan luas lainnya, seperti sifat sumbernya. Kami percaya, dalam satu atau dua sumber tambahan dalam model yang digunakan sejauh ini".

Sejak Teleskop di Mauna Kea Canada-France-Hawaii Observatory pertama kali mengumumkan deteksi metana di atmosfer Mars, beberapa pengukuran gas lainnya telah dilakukan melalui beragam instrumen, baik jarak jauh melalui bumi dan juga dengan satelit penting seperti Mars Express dan Mars Global Surveyor.

Karena metana dapat menjadi kegiatan produk biologi, maka hampir semua metana yang ada di atmosfer bumi berasal dari cara ini. Ini telah menciptakan harapan besar bahwa metana Mars juga bisa menjadi asal yang sama.
Buka Komentar
Template By Muh Akram