-->

Ilmuwan Menemukan Black Hole Raksasa

Avanoustic.net - Sebuah lubang hitam atau black hole raksasa supermasif seperti sebuah "mercusuar terang" di alam semesta yang jauh, telah ditemukan oleh para ilmuwan. Disebutkan bahwa, lubang hitam tersebut memiliki ukuran sekitar 12 milyar kali lebih besar dari matahari.

Menurut para ilmuwan, objek luar biasa yang berada di tengah Quasar tersebut, merupakan sumber radiasi galaksi intens yang kuat dengan output energi satu juta miliar kali matahari.

Black hole raksasa yang diberi nama "SDSS J0100 + 2802", memiliki jarak 12,8 milyar tahun cahaya dari Bumi dan terbentuk hanya 900 juta tahun setelah "Big Bang" melahirkan alam semesta, demikian seperti yang diwartakan the Guardian.

Walau demikian, para astronom tidak bisa menjelaskan bagaimana lubang hitam yang sangat besar seperti itu bisa terbentuk begitu awal dalam sejarah kosmik, setelah bintang-bintang pertama dan galaksi muncul.

Ruang Angkasa
Foto: Zhaoyu Li/Shanghai Astronomical/Peking University/PA
SDSS J0100 + 2802 tidak hanya luar biasa untuk ukurannya, tetapi juga untuk usia yang terbentuk sekitar 900 juta tahun setelah Big Bang. Mekanisme melalui mana lubang hitam supermasif tersebut bisa datang sebagai awal keberadaannya, masih tetap menjadi misteri.

"Terbentuknya sebuah lubang hitam besar yang cepat, memang masih sulit untuk ditafsirkan dengan teori-teori yang ada untuk saat ini", kata Dr Fuyan Bian dari Australian National University.

"Lubang hitam ini di pusat Quasar dan memiliki massa yang sangat besar dalam waktu singkat".

Quasar yang merupakan istilah untuk inti galaksi aktif yang berada jauh, terang, energetik dan sangat kuat, masih tetap menjadi masalah dan perdebatan sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1963. Sementara, para ilmuwan masih terus berjuang selama bertahun-tahun untuk menjelaskan bagaimana benda-benda yang sangat bercahaya tersebut bisa tercipta dan muncul.

Namun untuk saat ini, para ilmuwan meyakini bahwa mereka memanas karena mereka diseret ke arah lubang hitam supermasif yang terletak di pusat galaksi.

"Quasar ini sangat unik. Kami sangat bersemangat, ketika kami menemukan bahwa ada semacam Quasar bercahaya dan memiliki besaran hanya 0,9 milyar tahun setelah Big Bang", kata Prof Xue Bing Wu dari Peking University.

"Sama seperti mercusuar terang di alam semesta yang jauh, cahaya black hole yang bersinar ini akan membantu kita untuk menyelidiki lebih lanjut tentang awal dari alam semesta".
Buka Komentar
Template By Muh Akram