Mungkin Alien Yang Bisa Hidup Di Titan

Avanoustic.net - Bentuk kehidupan Alien mungkin ada di tata surya, tetapi mereka akan terlihat sangat berbeda dengan kehidupan di Bumi.

Para ilmuwan telah datang dengan konsep "bentuk kehidupan" yang bisa bertahan hidup di bulan Saturnus, Titan. Mereka sedang membuat sebuah konsep jenis baru dari bentuk kehidupan bebas oksigen berbasis metana, yang dapat bertahan hidup dan bereproduksi dengan cara yang sama seperti sel-sel di Bumi.

Titan adalah tempat yang pada awalnya tampak memiliki banyak hal yang sepintas terlihat luar biasa akrab di pandangan kita seperti halnya lautan, sungai, gunung yang tertutup salju dan bahkan sistem cuaca yang aktif.

Namun saat kita melihat lebih dekat lagi, segera semua itu menjadi jelas bahwa Titan sepertinya tidak bisa kita tempati, kecuali mungkin bagi para Alien yang ada di luar sana. Sungai dan lautannya tidak diisi dengan air seperti yang ada di bumi, tetapi dengan bentuk eksotis hidrokarbon cair.

Alien, Ruang Angkasa
Image credit: Nasa/JPL-Caltech/University of Arizona/University
Sementara pada daerah puncak yang terlihat seperti tertutup salju, namun sebenarnya itu ditaburi dengan lapisan metana, demikian the Telegraph mewartakan.

Untuk menentukan jenis dan bentuk kehidupan yang berpotensi berkembang dalam lingkungan tersebut, para ilmuwan mungkin telah meninggalkan semua prasangka tentang kehidupan seperti yang kita kenal di Bumi dan kembali lagi ke fokus lainnya.

"Kami bukan ahli biologi, dan kami bukan astronom, tapi kami memiliki alat yang tepat," kata Profesor Paulette Clancy dari Cornell University.

"Mungkin itu membantu, karena kita tidak datang dengan prasangka tentang apa yang harus di ungkapkan dan apa yang tidak seharusnya".

"Kami hanya bekerja dengan senyawa yang kita tahu ada di sana dan kemudian kami bertanya: jika ini adalah palet Anda, apa yang dapat Anda buat dari itu?"

Langkah selanjutnya tim akan mencoba untuk menunjukkan bagaimana sel-sel asing akan berperilaku dalam lingkungan metana sementara lainnya akan melihat bagaimana mereka bisa bereproduksi dalam lingkungan oksigen.

"Kita adalah blueprint konkret pertama dalam kehidupan yang tidak semua dapat kita ketahui", kata James Stevenson, seorang mahasiswa pascasarjana di bidang teknik kimia dari Cornell University, Amerika Serikat.
Buka Komentar
Template By Muh Akram