Robot Astronot Cetak 2 Rekor Dunia Baru

Avanoustic.net - Sebuah robot bernama Kirobo, menjadi robot astronot pertama yang telah tinggal di atas pesawat stasiun ruang angkasa.

Dikembangkan sebagai bagian dari sebuah proyek bersama antara Universitas Tokyo, biro iklan Dentsu, Robo Garage, Toyota dan badan antariksa Jepang JAXA, robot kecil itu dirancang untuk memberikan dukungan psikologis bagi para astronot selama misi ruang angkasa yang panjang, dengan memberikan mereka lawan bicara.

Kirobo berangkat ke Stasiun Antariksa Internasional pada tahun 2013 dan menghabiskan 18 bulan di ruang angkasa sebelum ia kembali ke Bumi pada bulan Februari tahun ini.
Rekor Dunia, Ruang Angkasa, Teknologi
Image credit: Toyota
Selama tinggal di stasiun ruang angkasa, robot cerdas itu telah terlibat dalam berbagai percobaan dan menghabiskan berjam-jam berbicara dengan para astronot. Dengan kemampuan suara sintesis onboard dan repertoar skala besar yang telah ditanamkan dalam programnya, Kirobo mampu berkomunikasi dengan sahabat manusia dalam kondisi yang sangat hidup atau mendekati sempurna.

Dan tepat pada tanggal 27 Maret kemarin, Guinness World Records telah mengakui prestasi Robot Kirobo dengan pemberian dua rekor dunia untuk "robot pendamping pertama dalam misi ruang angkasa" dan "sebuah robot yang memiliki kemampuan paling tinggi untuk melakukan percakapan atau interaksi".
"Proyek ini diluncurkan lima tahun lalu, ketika tidak ada orang yang percaya adanya rekan kerja antara manusia dan robot", kata Yorichika Nishijima, desainer komunikasi untuk Kirobo.

"Dari perspektif itu, kami ingin mengirimkannya ke ruang angkasa untuk menunjukkan bahwa robot dan manusia dapat menjadi partner yang baik dan bisa masuk ke era baru".

"Ini semacam proyek simbolis sehingga orang dapat mengerti bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan robot".
Buka Komentar
Template By Muh Akram