-->

Gletser Mars Mengandung Banyak Air

Avanoustic.net - Planet Merah adalah rumah bagi sejumlah besar es glasial yang terkubur di bawah lapisan permukaan debu.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa, sejumlah air yang terkunci di bawah permukaan gletser ini, ternyata jauh lebih besar daripada yang sebelumnya diprediksi para ilmuwan. Mereka menjelaskan bahwa, jumlahnya cukup untuk menenggelamkan permukaan Mars dalam lapisan es lebih dari 3 kaki tebalnya.

Seperti yang diwartakan Discovery News, penemuan itu dilakukan berkat kombinasi data citra radar dan simulasi komputer yang digunakan untuk menghitung volume gletser berdasarkan aktivitas glasial di Bumi.

Ruang Angkasa
Image : NASA/Levi Et Al./Nana Karlsson
"Kami telah melihat pengukuran radar yang mencakup dalam waktu 10 tahun lalu untuk melihat seberapa tebal es dan bagaimana perilakunya", kata Nanna Bjørnholt Karlsson dari University of Copenhagen.

"Kami telah menghitung bahwa es di gletser tersebut, setara dengan lebih dari 150 miliar meter kubik es di Bumi, yang bisa menutupi seluruh permukaan Mars setebal 1,1 meter (3,6 kaki)".

Dengan temuan begitu banyak es di bawah permukaan Planet Mars ini, bisa membantu menjelaskan apa yang terjadi di Mars dalam bentuk danau, sungai dan lautan. Diperkirakan juga bahwa debu yang meliputi es tersebut mungkin telah mencegahnya menguap ke angkasa.
Buka Komentar
Template By Muh Akram