-->

2 Turis Jadikan Hiu Paus Sebagai Papan Selancar

Avanoustic.net - Sebuah video yang menunjukkan dua turis yang mencoba untuk berselancar menggunakan punggung hiu paus, beredar di internet minggu ini. Berbagai kecaman keras pun datang karena menganggap itu merupakan sebuah penganiayaan terhadap satwa langka yang tak berdosa.

Dalam video tersebut, sekelompok turis terlihat sedang asyik mempermainkan seekor hiu paus yang muncul di dekat mereka. Dua orang turis kemudian mencoba untuk berdiri di atas punggung hiu itu dengan tujuan menjadikannya sebagai papan selancar.

Dengan seutas tali yang dikaitkan dari perahu, mereka kemudian mencoba untuk menyeimbangkan diri sambil bergaya ala seorang peselancar profesional. Dari percakapan mereka yang diikuti dengan candaan, terdengar bahwa, aksi ini dilakukan untuk hiburan belaka.
Ragam
Photo Credit : Facebook/Marine Connection
Namun sayangnya, hiu paus tersebut tidak berhasil keluar dari pelecehan itu. Dengan jelas bisa kita lihat bagaimana ia tampak menjadi lebih gelisah karena mendapat perlakuan yang kurang baik dari kelompok turis tersebut.

Hiu paus diklasifikasikan sebagai satwa liar laut yang terancam punah dan sangat rentan. Setiap interaksi manusia dengan mereka dapat mempengaruhi perilaku alami mereka, termasuk gerakan konstan yang diperlukan mereka untuk menyuplai oksigen.

Hiu paus juga harus menjaga lapisan pelindung pada kulit mereka, sehingga berdiri di atas punggung hiu paus adalah tindakan yang cukup bodoh dan sangat keji.

"Ini merupakan refleksi yang menyedihkan pada sikap mereka untuk satwa liar, bukannya menganggap diri beruntung untuk melihat makhluk megah ini di alam liar, mereka justru memilih untuk berpartisipasi dalam tindakan bodoh yang mengerdilkan diri mereka sendiri seperti ini," tulis Marine Connection, sebuah kelompok konservasi yang berbasis di Inggris, pada halaman Facebook mereka.

Kelompok konservasi ini juga telah melakukan lobi-lobi ke konservasi lainnya dan mempublikasikan aksi pelecehan terhadap satwa liar ini, dengan harapan mereka dapat diadili dan mendapatkan hukuman yang berat karena telah mengancam kelangsungan satwa liar yang hampir punah.

"Pelecehan terhadap kehidupan satwa liar tidak bisa dijadikan sebagai bahan candaan."

Di Amerika Serikat, melecehkan paus dan lumba-lumba dikategorikan sebagai tindakan yang ilegal. Namun sayangnya, hal ini belum mencakup pada jenis hiu paus.

"Harapan saya adalah bahwa satu hari nanti hiu paus akan diangkat ke tingkat perlindungan yang sama seperti mamalia laut lainnya," kata Eric Hovland dari Florida Aquarium, mengatakan pada Florida Bay News 9 awal pekan ini.
Buka Komentar
Template By Muh Akram