Misteri Senyum Mona Lisa Terpecahkan

Avanoustic.net - Misteri Senyum Mona Lisa Terpecahkan. Para peneliti telah mengidentifikasi ilusi optik yang halus untuk senyum misterius pada lukisan Mona Lisa.

Lukisan Mona Lisa yang dilukis oleh Leonardo da Vinci mungkin adalah lukisan yang paling terkenal sepanjang masa. Dengan senyuman halus dan menawan, lukisan ini telah memuaskan para pecinta seni di seluruh dunia selama 500 tahun lebih.

Namun, sekarang para peneliti diklaim telah mampu memecahkan salah satu misteri lukisan yang paling abadi dengan memeriksa potret lain dari Renaissance, yaitu La Bella Principessa.

Misteri
Lukisan La Bella Principessa (kanan) dan Lukisan Mona Lisa (kiri).
Apa yang mereka temukan adalah bahwa da Vinci telah melakukan ilusi optik halus dalam lukisannya dengan memadukan warna untuk mengeksploitasi peripheral vision, yaitu suatu teknik yang bisa memberikan bentuk penampilan mulut yang berbeda, tergantung pada bagian mana pengamat berfokus pada lukisan itu.

Pada lukisan La Bella Principessa misalnya, kemiringan mulut terlihat ke bawah bila dilihat secara langsung. Namun, ketika diamati secara tidak langsung, senyuman itu dapat terlihat melebar.

Dan para peneliti sangat yakin jika Da Vinci juga telah melakukan teknik yang sama ketika ia melukis Mona Lisa.

"Saat senyuman itu menghilang dengan cepat dan saat itulah kita mencoba untuk menangkapnya," tulis para peneliti dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Vision Research.

"Kami telah memiliki nama untuk ilusi visual ini yaitu 'uncatchable smile.'"

Baca juga:

Tags:

0 komentar

Tinggalkan komentar Anda dan patuhilah peraturan berkomentar di blog ini:

- Berkomentarlah sesuai dengan relevansi
- Link hidup, promo dan spam otomatis akan dihapus
- Dilarang sesuatu hal yang mengandung unsur SARA

Emoticon