-->

Cara dan Tehnik Melepas dan Memasang Kembali Mainboard Epson Agar Fuse Head tidak Putus

Bismillah, assalamu'alaikum...
Selamat pagi menjelang siang sahabat dokter printer dimanapun anda berada, pada kesempatan pagi hari ini 19 Februari 2020 yang cuacanya lumayan mendung, semoga kita selalu diberikan semangat ya..., untuk bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya. Hemm...dingin-dingin supaya tubuh menjadi agak hangat, akan saya pergunakan untuk menulis sebuah artikel, yaitu tentang 'Cara dan Tehnik Melepas dan Memasang Kembali Mainboard Epson Agar Fuse (Sekring) tidak Putus'. Semoga tulisan ini nanti bisa bermanfaat bagi pengunjung blog ini.

Gagasan yang mendasari penulisan artikel ini adalah dikarenakan ada-nya beberapa teman yang mengeluhkan tentang sering putusnya fuse (sekring) Mainboard Printer epson ketika di lepas dan dipasang kembali. Semoga artikel ini nantinya sedikit banyak bisa membantu dan meminimalisir serta mengurangi resiko tersebut.
Melepas dan memasang kembali sebuah Mainboard Printer mungkin bagi seorang teknisi adalah sebuah hal yang mudah dan biasa. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah mereka telah menggunakan teknik yang aman dan benar? apakah tekniknya tidak membahayakan sparepart lain? Pada tulisan saya ini akan saya bahas cara melepas dan memasang kembali mainboard printer agar fuse atau sekring Head tidak putus.

Saya telah beberapa kali melakukan survai dan pengamatan langsung dilapangan (tempat kerja) ternyata banyak teknisi yang melepas mainboard printer Epson, mereka tidak menggunakan teknik yang benar dan mengabaikan faktor keamanan sparepart lainya. Untuk itu disini akan saya jelaskan urut-urutan dan cara melepas serta memasang kembali mainboard agar fuse tidak putus.

Berikut ini sahabat dokter printer urut-urutannya. Disimak dengan baik ya sahabat, karena cara ini sudah terbukti ampuh menjaga Fuse Head Printer Epson tidak putus dan hal ini juga sudah menjadi SOP untuk para teknisi printer :

Teknik Melepas Mainboard Printer :
  1. Langkah pertama, Lepas kabel Power printer dan Usb printer.
  2. Kemudian Bongkar Casing printer secara hati-hati.
  3. Setelah itu Lepas kabel socket yang terhubung dengan power suply printer, agar mainboard benar-benar steril dari aliran listrik.
  4. Selanjutnya Lepas kabel panel, sensor-sensor, dan motor penggerak printer.
  5. Dan untuk Langkah yang terakhir baru sahabat lepas kabel Printer Head yang terhubung pada mainboard printer anda.
Teknik Memasang Mainboard Printer :
  1. Untuk Pemasangan pertama kali Pasangkan Mainboard pada tempatnya dan pastikan semua baut terpasang dengan baik.
  2. Jangan hubungkan dulu kabel kabel power AC ke power suply.
  3. Silakan sahabat Pasangkan kabel soket dari power supply yang terhubung pada mainboard, karena sparepart lain belum terhubung dengan mainboard maka hal ini tidak menimbulkan potensi kerusakan.
  4. Setelah itu Pasangkan kabel-kabel, sensor-sensor, dan motor penggerak.
  5. Langkah Terakhir pasang Kabel Print Head yang terhubung pada mainboard printer, jika Kabel print head dipasangkan terlebih dahulu sebelum kabel power supply biasanya akan menimbulkan percikan bunga api karena ada sisa-sisa tegangan pada power supply, jika hal ini terjadi 90%  kemungkinan fuse akan putus dan tentunya akan menambah masalah baru.
Demikianlah sahabat dokter printer penjelasan tentang 'Cara dan Tehnik Melepas dan Memasang Kembali Mainboard Epson Agar Fuse tidak Putus'. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi saya sebagai pengingat dan semua pengunjung blog dokter printer.

Sebagai perhatian buat sahabat semuanya bahwa blog dokter printer sekarang memiliki alamat baru yaitu https://www.avanoustic.net/. Sekian, Was-salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...
Buka Komentar
Template By Muh Akram