Cara Mengatasi Error 5011 Printer Canon MP237, MP258 dan MP287

Bismillah, As-Salamu'alaikum...
Selamat siang sahabat dokter printer dimanapun anda berada. Bagaimana kabar sahabat nich, semoga selalu sehat dan terus bersemangat ya. Pada kesempatan siang hari ini untuk mengisi waktu luang saya akan coba sempatkan diri untuk menulis sebuah artikel tentang Bagaimana Cara Mengatasi error 5011 pada printer canon tipe MP237, MP258 dan MP287. Semoga tulisan saya ini nanti bisa memberikan manfaat bagi pembaca dan pengunjung blog saya ini. Aamiin!!

Printer canon Multifungsi dengan Inisial depanya MP merupakan printer multi fungsi, yang mempunyai kegunaan untuk print, scan dan copy. Dan yang akan menjadi topik pembahasan pada tulisan saya kali ini adalah, Cara mengatasi printer Canon MP Error 5011. Memang masalahan yang sering muncul pada printer seri Mp ini adalah error 5011. Trus gimana dong cara mengatasinya jika hal tersebut terjadi pada printer Mp kita? begitu kan pertanyaanya? Oke langsung saja kita ke TKP ya sahabat....

INDIKASI AWAL
Untuk indikasi awal atau ciri-ciri nya adalah ketika printer hidupkan dan digunakan untuk mencetak sebuah file dokumen, maka printer macet tidak mau mencetak, tidak ada pergerakan dari carriage atau dudukan cartridge printer, kemudian di tampilan monitor atau lcd kita tiba-tiba menampilkan keterangan kode error 5011, sahabat bisa lihat gambar dibawah ini.

CARA MENGATASINYA
Printer Canon Seri Mp237, Mp258 maupun Mp287 yang mengalami masalah error 5011 ini disebabkan oleh Unit Scanner yang tidak bekerja dengan sempurna, sehingga Logic board mendeteksi kerusakan tersebut, dan mengirimkan warning di layar monitor dengan Error Number : 5011 dan juga lcd display printer dengan blink P22. Untuk memperbaiki masalah ini sahabat harus meneliti satu persatu komponen dibagian mana pada bagian scanner yang rusak.

Untuk Langkah-langkahnya :
  1. Pertama tama perhatikan Pergerakan Scanner, jika pergerakanya terganggu, lihat apa yang menyebabkannya. Biasanya karena kotor, coba sahabat bersihkan scannernya.
  2. Langkah yang kedua lihat Kabel data flexible scanner ada yang putus atau bergeser atau sobek tidak? Coba lepas kabelnya bersihkan dan pasang kembali, kalau ternyata kabel putus atau rusak ganti dengan yang baru.
  3. Kemudian langkah yang ketiga Lakukan penggantian satu Set Unit Scanner. 
  4. Jika masih tidak menemukan hasil Mainboard printer ada yang rusak dibagian rangkain scanner, kalau ini yang terjadi berarti sahabar harus mengganti boardnya.
NB : Untuk mengetahui penyebab dari kerusakan diatas sahabat dokter printer harus punya part yang  kita yakin dalam kondisi OK/baik yang digunakan untuk mencoba satu persatu atau eksperimen.

Demikianlah Sahabat tulisan saya di kesempatan siang hari ini tentang 'Cara Mengatasi Error 5011 Printer Canon MP237, MP258 dan MP287'. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah printer yang sedang sahabat alami.

Motto penulis 'Bantulah sesama manusia sesuai kemampuanmu dan mintalah balasanya kepada allah subhanahu wata'ala'. Akhirnya sekian sampai jumpa lagi di tulisan-tulisan menarik saya berikutnya. Was-salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...
Buka Komentar
Template By Muh Akram