Tips Cara Mengatasi Printer Epson T1100, 1390, L1300, dan L1800 Lambat Dalam Mencetak

Bismillah, assalamu'alaikum...
Selamat sore sahabat dokter printer dimanapun anda berada, pada kesempatan sore hari ini saya akan bagikan kepada pembaca sekalian tentang 'Cara Mengatasi Printer Epson T1100, 1390, L1300 dan L1800 lambat dalam mencetak'. Seri Printer Epson yang telah saya sebutkan diatas adalah termasuk jenis printer bisnis yang sering digunakan oleh mereka-mereka yang mempunyai usaha percetakan, karena printer diatas tergolong printer A3. Printer Epson T1100, 1390, L1300 dan L1800 ini untuk head printnya juga telah support dengan tinta jenis Art Paper dan Sublimasi.

Para pelaku usaha percetakan biasanya menggunakan tinta jenis Art paper karena cetakan yang dihasilkan bisa bertahan lama (bisa 5 tahun) tidak luntur. Ya walau bagaimanapun kehebatan sebuah printer, seiring dengan berjalanya waktu pasti akan mengalami dengan yang namanya penurunan performa. Jangankan printer, andapun yang saat ini mungkin bisa dibilang perkasa (Baca : otot kawat balung tok...hehehe), seiring berjalannya waktu juga akan mengalami masa rapuh (masa tua), bahkan pensiun untuk selama-lamanya dari dunia ini, betulkan?

Disini yang akan menjadi topik pembahasan adalah Bagaimana cara mengatasi printer epson T110,1390, L1300, dan L1800 lambat dalam mencetak. Jadi penjelasanya begini sahabat, ketika kita menggunakan printer ini pada proses pencetakan lembar 1-5 mungkin normal, akan tetapi setelah itu pencetakan tiba-tiba menjadi melambat tidak secepat ketika mencetak lembar 1-5 tadi. Untuk mengatasi hal ini mungkin anda bisa mencoba untuk melakukan langkah-langkah berikut ini :

Langkah-langkah Mengatasi Printer Epson T1100, 1390, L1300 dan L1800 lambat dalam mencetak
  1. Langkah pertama ganti Motor Carriage (Motor yang tugasnya menggerakkan print head ke kanan dan ke kiri).
  2. Langkah kedua, dengan Mengganti Print Head Printer dengan yang baru, hal ini kita ganti karena panas ketika melakukan proses pencetakkan.
  3. Kemudian Mengganti kabel Sensor Carriage atau sebuah sensor yang tugasnya membaca timing Slit strip Encoder.
  4. Bisa juga dengan Mem-Flash ulang Eeprom dengan software atau aplikasi.
  5. Jika semua langkah diatas tidak menemukan hasil silakan ganti Mainboard dengan versi baru (original box), jangan memakai yang rekondisi atau refurbish. karena dengan kita membeli yang rekondisi atau 2nd kita tidak mengetahui kondisi printer sebelum mainboard dilepas, jadi saya sarankan jangan tergiur dengan harga murah. Karena kalau ternyata kondisi mainboard 2nd yang kita terlanjur beli sudah tidak prima lagi bisa mengakibatkan print head rusak.
Setiap kasus printer jadi melambat saat mencetak memang berbeda-beda penyebabnya, oleh karena itu dibutuhkan analisa dan pengamatan dengan kita mencoba part yang sudah saya sebutkan di atas satu persatu. Mungkin bagi sahabat yang ragu-ragu akan kemampuan anda saya sarankan untuk membawanya ke tehnisi printer yang ahli dalam permasalah tersebut. Karena bisa dibilang harga part dari printer tersebut cukup mahal jika sampai terjadi kecelakaan pada waktu penanganan.

Demikianlah sahabat tulisan saya di sore hari ini tentang 'Tips dan Trik bagaimana cara mengatasi printer epson T1100,1390, L1300 dan L1800 mengalami masalah melambat pada saat proses pencetakan. Semoga apa yang saya tulis pada kesempatan sore hari ini bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi sebagai bahan catatan dan umumnya bagi anda sahabat dokter printer. Akhirnya sekian dan terima kasih atas kunjungan sahabat semua. Was-salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...
Buka Komentar
Template By Muh Akram