Cara Mudah Mereset Mp287 Error P07 Atau E08 (Support Code : 5B00)

Bismillah, Assaalamu'alaikum...
Hai Selamat malam, ketemu lagi dengan saya di blog tips and trik printer. Di kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang Bagaimana Cara Mereset Printer Canon Mp287 yang mengalami masalah error P07 atau E08. Printer Canon Mp287 adalah printer dengan kemampuan cetak, Scan dan Copy. Di dalam kerjanya printer ini di dukung dengan cartridge seri 810 untuk hitam dan 811 untuk warna dalam proses cetaknya.

Sebagaimana printer-printer canon seri lainnya printer Mp287 juga mempunyai batasan cetak yang sudah ditetapkan oleh pabrik pembuatnya yaitu Canon. Sebagimana printer lainya printer mp287 juga di lengkapi denganIC Counter (Eeprom), IC ini adalah memori rekam, yang digunakan printer untuk menghitung aktifitas pencetakan pada printer. Jika IC counter ini telah penuh maka dengan otomatis printer akan mengalami blink. Dan untuk printer canon seri Mp287 ditampilkan dalam bentuk code angka pada LED panel display.

Untuk indikasi atau ciri2 Printer Mp287 minta di reset adalah ketika di panel display printer menampilan error "P07" atau "E08". Kalau printer anda menampilkan pesan ini ketika anda pertama kali menghidupkan, berarti printer anda positif minta direset atau di flash untuk dikembalikan ke settingan NOL (0) supaya bisa digunakan kembali. 

INDIKASI AWAL :
Indikasi awal Printer Canon Mp287 minta direset adalah ketika printer seri ini dinyalakan, maka lampu akan blink dan di panel display akan menampilkan error P07 atau E08. Dengan tampilah error dilayar monitor atau lcd dengan kata-kata Support Code : 5B00 dan Absorber is almost full.
ilustrasi gambar


CARA MENGATASINYA :
Untuk cara mengatasinya sahabat harus melakukan dua langkah penting, yaitu dengan men "Service Mode' printer dan setelah itu baru dilakukan reset dengan menggunakan software resetter service tool v3400.

CARA SAFE MODE PRINTER
  1. Untuk Langkah pertama dalam setting 'Service Mode Printer, yaitu dengan matikan printer dengan menekan tombol Power ON/OFF dan kabel power masih terpasang di colokan listrik.
  2. Kemudian sahabat tekan tombol RESUME diikuti Tombol POWER.
  3. Dalam keadaan kedua tombol tertekan lepaskan tombol RESUME tapi janga lepaskan tombol POWER, kemudian tekan tombol resume sebanyak 6x (kali). Setelah itu lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
  4. Dalam posisi ini printer anda sudah dalam keadaan "Service Mode" dengan indikasi lampu nyala hijau diam. Untuk langkah Selanjutnya adalah reset printer dengan menggunakan software resetter.
CARA MERESET :
  1. Pastikan printer anda sudah terinstall di komputer atau laptop jika belum punya drivernya bisa di sedot disini.
  2. Download Software resetternya disini.
  3. Extract dan jalankan service tool v3400 dengan mengikuti petunjuk gambar dibawah ini.
  4. Siapkan 2 kertas untuk proses reset.
  5. Klik Set petama dengan petunjuk gambar maka printer akan mencetak dengan hasil seperti dibawah ini.
  6. Klik Set kedua dilanjutkan 'EEPROM' maka printer akan mencetak satu lembar lagi dengan hasil seperti dibawah ini.
  7. Setelah printer mencetak yang kedua ini berarti proses RESET PRINTER telah berhasil, dan saya ucapakan selamat untuk sahabat. Silahkan Matika printer dan hidupkan kembali, maka printer sudah siap untuk digunakan kembali.
Demikian Sahabat tulisan saya pada malam hari ini tentang Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Error P07 atau E08 pada printer Canon Mp287. Semoga saja apa yang sudah saya jelaskan mudah dimengerti dan akhirnya mudah juga dalam prakteknya. Sekian dari saya dan sampai jumpa lagi di tri-trik dokter printer selanjutnya, Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...


Buka Komentar
Template By Muh Akram