-->

Tips atau Cara Berhasil Mengatasi Paper Jam Printer Canon Ip2770, Ip2870, Mp237, Mp258 dan Mp287

Bismillah, Assalamu'alaikum...
Selamat siang sahabat dokter printer dimanapun anda berada, pada kesempatan siang hari ini Senin 17 Februari 2020 berjumpa lagi dengan saya di dokter printer dengan alamat baru https://www.avanoustic.net/. Saya akan Share atau bagikan  untuk sahabat semuanya 'Tips atau Cara Berhasil dalam mengatasi masalah Paper Jump pada printer Canon'. Trik yang akan saya bagikan ini nanti bisa anda terapkan di berbagai merk atau seri printer Canon diantaranya, Canon ip2770, ip2870, mp237, mp258 dan mp287 dll. Bagaimana apakah sahabat tertarik dengan Tips yang akan saya ajarkan ini? Jika jawaban anda iya mari kita lanjutin bacanya ya...

Printer canon adalah printer yang sangat familier di kalangan masyarakat indonesia, paling digemari dan paling diminati. Karena printer canon telah memberikan bukti kualitas dan kehandalan dalam hal cetak mencetak dibandingkan dengan printer merk lainya di kelasnya.


Walau begitu Printer Canon juga tidak lepas dari yang namanya Rusak atau bermasalah, akan tetapi printer ini lebih unggul dibandingkan printer lainya, mengapa? karena printer canon dilengkapi dengan code-code error yang akan memudahkan sahabat dan juga para teknisi printer dalam memcahkan masalah yang sedang dialami oleh printer yang bermasalah tersebut. Namun pada kesempatan kali ini pembahasan akan kita cukupkan dengan Permasalahan Paper Jam atau pesan error support code : 1300. Lihat ilustrasi gambar dibawah ini. 

Indikasi Awal
Untuk indikasi atau ciri-ciri printer canon mengalami paper jam adalah ketika kita menghidupkan printer canon, tiba-tiba printer mengalami blinking dan kalau printer ini kita sambungkan dengan komputer atau laptop dengan menggunakan kabel data usb, maka di layar monitor atau lcd kan menampilkan pesan error support code: 1300 dengan keterangan 'Paper is jammed'. Kemudian ada perintah untuk menekan tombol resume, akan tetapi ketika kita menekan tombol resume kertas keluar cepat dan tidak ada hasil cetakan alias kertas kosong. Indikasi lain kertas tidak mau berjalan alias kertas macet.

Cara Mengatasinya
Untuk cara mengatasi printer canon mengalami masalah paper jam maka kita harus melakukan pengecekan atau melakukan analisa, serta observasi terhadap printer secara teliti, jeli untuk mencari penyebabnya.

Berikut ini adalah hasil dari analisa dan pengalaman saya dilapangan yang sering menyebabkan printer canon mengalami 'Paper Jamm' :
  1. Cek Mekanik bagian Sensor dan Roll printer. Lihat apakah disitu ada benda atau kotoran yang membuat mekanik tidak bekerja dengan sempurna. Bila ada silahkan ambil dan bersihakan.
  2. Sensor Printer Trouble. Coba anda ganti sensor baru atau bisa dengan kanibalan yang kita yakin masih bagus.
  3. Cek Plastik sensor yang ada pegasnya bentuknya kecil warna hitam. Kalau sudah Aus ganti dengan yang baru.
  4. Cek Karet Roll Printer. Karet Roll ini berfungsi untuk menarik kertas, jika Karet ini sudah menipis atau aus biasanya kertas sulit bahkan tidak bisa ditarik. Kalau sudah aus sahabat ganti karetnya dengan yang baru.
  5. Langkah Terakhir Anda Cek Mekanik Roll dan Perhatikanlah ada mekanik yang patah apa tidak kalau ada ganti mekanik yang patah dengan yang baru atau kenibalan yang masih bagus.
 Berikut dibawah ini adalah gambar bagian-bagian Printer yang perlu sahabat cek ketika printer mengalami paper jam:

 Seonsor Kertas


Sensor Plastik


Roda Roll


Karet Penarik Kertas


Demikianlah sahabat tulisan saya pada kesempatan siang hari ini tentang 'Tips dan Trik Cara mengatasi printer Canon ip2770, ip2870, mp237, mp258 dan mp287 Mengalami masalah Paper Jamm. Semoga penjelasan diatas bisa di fahami dan mudah untuk di praktekkan ya.

Sekian postingan saya kali, mohon maaf jika ada salah kata dan sampai jumpa lagi di trik-trik berikutnya ya sahabat. Was-salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...
Buka Komentar
Template By Muh Akram