CARA MENGATASI HASIL PRINTER CANON TIDAK RATA/KOLOM TIDAK LURUS

Bismillah, As-Salamu'alaikum...
Selamat malam sahabat dokter printer dimanapun anda berada. Gimana kabar sahabat malam ini? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya. Pada kesempatan malam ini untuk mengisi waktu luang saya akan meulis artikel tentang 'CARA MENGATASI HASIL PRINTER CANON TIDAK RATA/KOLOM TIDAK LURUS'. Semoga tulisan yang ringkas ini nanti bisa memberikan manfaat bagi pengunjung blog ini.

Canon adalah salah satu produsen printer terbesar di dunia yang memproduksi printer-printer berkualiatas dan banyak digemari oleh banyak kalangan. Printer Canon terkenal dan banyak diminati karena selalu memproduksi printer dengan harga yang terjangkau, bandel, hasil cetak tajam, dan juga cepat dalam mencetak.

Walau begitu sangat terkenalnya printer-printer produksi dari canon akan tetapi produk tersebut tidak lepas juga dengan yang namanya trouble. Dan di antara yang banyak dikeluhkan dari printer-printer buatan canon adalah karena hasil garis yang tidak lurus, tidak rata, zigzag dll.


Saya sengaja menulis artikel ini karena ingin menjawab sebagian dari temen-temen yang mengeluhkan hasil cetak printer canon mereka untuk kolom tidak lurus. Disini di blog dokter printer ini saya akan mencoba membedah dan menjelaskan tentang apa sih sebenarnya yang menyebabkan printer canon itu hasil cetak tabel atau kolom tidak lurus? Pasti sahabat juga kepo ingin tau kan kan kan..? hehehe. So, baca artikel saya ini sampai akhir ya.

Jika sahabat adalah pengguna dari printer canon dan saat ini sedang mengalami hasil cetak tidak lurus, tidak rata, zigzag, berkelok-kelok dan istilah lainya, maka kebetulan banget nich bisa sampai di blog ini, mengapa? Karena di blog ini saya akan mengajarkan kepada sahabat tentang faktor penyebab sekaligus memberikan tips cara mentasinya. Sebelum melakukan langkah yang saya tulis di artikel ini sahabat bisa juga melakukan tips ini => Cara Memperbaiki Hasil Cetak Printer Canon Tidak Lurus atau Zigzag.

INDIKASI AWAL :
Ketika printer kita gunanakan untuk test print maka hasil cetak yang dihasilkan adalah tidak lurus, patah-patah dan menumpuk, seperti tampak pada gambar di atas.

CARA MENGATASINYA :
  1. Buka penutup atau Kap printer atas secara hati-hati, dokter printer sarankan untuk di photo terlebih dahulu kalau belum pernah bongkar, biar nanti tidak keliru atau ada yang kurang dalam merakitnya kembali (soalnya penulis pengalaman dan sering bingung tentang letak dari partnya semula, hehehe...tapi itu dulu waktu masih newbie, kalau sekarang jangan ditanya ya).
  2. Sahabat Perhatikan dan lihat pada SENSOR ENCODER nya (pita Sensor yang terbuat dari plastik dengan kode baris pada permukaanya) biasanya letaknya melintang searah dengan pergerakan rumah katrid atau carriage. Contoh lihat gambar berikut ini.
  3. Bersihkan Sensor Encoder ini, biasanya sensosr ini sering kotor terkena cipratan tinta, INGAT hati-hati dalam membersihkannya, jangan sampai kode garis-garis rusak. Atau jika ingin hasil maksimal silahkan sahabat mengganti encoder dengan yang baru.
  4. Jika sahabat telah mengganti sensor encoder nya tapi hasil masih tetap jelek berarti kerusakan sudah pada head katrid, solusinya ganti katrid baru.
Demikian sahabat postingan saya di malam ini tentang 'CARA MENGATASI HASIL PRINTER CANON TIDAK RATA/KOLOM TIDAK LURUS'. Sekali lagi semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan pengunjug blog dokter printer, juga di catat sebagai amal jariyah untuk penulis.

Mungkin sampai disini dulu sahabat perjumpaan kita pada kesempatan kali ini, inya allah kita sambung lagi di kesempatan yang lain dengan postingan yang lebih menarik lagi. Akhirnya, Was-Salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...
Buka Komentar
Template By Muh Akram