Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Epson L210, L220, L310 dan L360 MATI TOTAL Versi Dokter Printer

Bismilllah, As-salamu'alaikum...
Selamat pagi sahabat dokter printer dimanapun anda berada. Pada kesempatan pagi yang sangat dingin ini selasa 3 maret 2020, untuk mengisi waktu dan menghangatkan badan saya akan gunakan untuk berbagi ilmu tentang 'Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Epson L210, L220, L310 dan L360 MATI TOTAL Versi Dokter Printer'. Semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat dan setidaknya sebagai tambahan ilmu bagi para pembaca.

Printer Epson L Series adalah produk andalan Epson yang kita mampu mengambil alih pasar printer di tanah air. Printer Epson L Series ini sekarang banyak diminati dan digemari oleh banyak orang. Memang printer ini mampu memberikan solusi cetak bagi para penggunannya. Di antara kelebihan yang bisa dirasakan adalah printer ini di produksi dengan mengintegrasikan tabung infus yang sangat presisi. Sehingga kita terbebas dari masalah supplai tinta terlambat.

Dengan Printer Epson L Series kita sekarang bisa mencetak dokumen dalam jumlah yang besar tanpa harus khawatir tinta habis dan tinta terlambat. Selain itu printer ini bisa di setting dalam berbagai mode cetak sesuai dengan kebutuhan, yaitu draft, standar, best, best photo. Dan yang pasti bagi penulis printer L Series memang TOP.

Walau begitu printer ini adalah buatan manusia yang tidak luput dari yang namanya kerusakan dan segala sesuatu pasti ada masa pakainya, betulkan sahabat? Dan yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah membedah, mencari tahu penyebab printer epson mati total dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebelum ke inti pembahasan saya ingin bertanya kepada sahabat semuanya, Pernahkah sahabat mengalami masalah dengan printer epson seri L Series Mati Total? Atau mungkin sahabat yang sedang membaca tilisan saya ini sedang mengalami masalah ini? Kalau iya, kebetulan banget sahabat bisa sampai di blog saya ini, mengapa? Karena di blog ini blog dokter printer saya akan membagikan kepada sahabat bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Printer Epson L210, L220, L310 dan L360 MATI TOTAL.

  1. Adaptor Rusak.
  2. Fuse atau Sekering Putus.
  3. Ada Dioda yang Rusak.
  4. Transistor TR A222 dan C6144 Trouble atau rusak.
  5. IC Power E09A92GA Rusak.
Kelima point diatas adalah yang sering menjadi penyebab printer epson mati total. Untuk langkah-langkah perbaikan sahabat cek kelima komponen diatas sesuai dengan apa yang saya urutkan. Pertama Cek Adaptor, Adapator bagus cek fuse dan seterusnya sampai ke langkah terakhir penggantian IC Power.

Biasanya kalau kita sudah menempuh ke empat langkah diatas dan printer tidak menyala juga bisa ditebak IC Power pada printer ini mengalami kerusakan. Jenis IC Power yang terpasang pada mainboard printer epson L210, L220, l310 dan L360 adalah IC Power dengan seri E09A92GA.

Ciri-ciri IC Power E09A92GA Rusak/Trouble :
  • Printer Tetap Mati total walau sudah mengganti Transistor TR A2222 dan C6144.
  • IC Power ini kalau kita raba atau pegang terasa panas berlebih dari normalnya.
  • Transistor TR A2222 dan C6144 selalu mati walau sudah diganti berkali-kali.
  • Sebelum mati total printer epson memiliki keanahen dengan hasil cetak blank atau kosong sedang print head, fuse, kabel head, Ink Cartridge dan pompa dalam kondisi bagus.
  • Kemudian ciri lainya Hasil cetak cacat atau tidak sempurna dan tampak garis putih atau terdistorsi seperti hasil scan-copy.
Jika printer epson seri L210, L220, L310 dan L360 milik sahabat mengalami ciri-ciri sebagaimana yang telah saya sebutkan diatas bisa dipastikan IC Power E09A92GA mengalami kerusakan. Silahkan sahabat  ganti IC Power tersebut dan insya allah printer epson sahabat akan kembali bekerja dengan normal.

Cara Bongkar dan Pasang IC Power E09A92GA
Untuk Membongkar printer guna melepas dan memasang IC power E09A92GA ini cukup mudah, bisa dengan solder biasa atau bisa juga menggunakan Solder Uap (Blower). Dan berikut dibawah ini adalah alat yang kita butuhkan untuk melepas dan memasang kembali IC tersebut.
  • Pertama Siapakan Solder 40W bermerk Goot, Decko atau yang sejenis yang memiliki kualitas bagus dan panasnya Konstan.
  • Untuk penggunaan Lebih mudah lagi jika mata solder sedikit agak dibengkokkan.
  • Timah atau Tenol kualitas bagus.
  • Siapkan Grease Solder yang bagus. Biasanya bermerk Lotfett atau yang sejenisnya yang mempunyai kualitas bagus.
  • Siapkan juga Kuas kecil yang dipotong unjungnya, dengan panjang bulu kisaran -+1-1,5cm.
  • Kemudian Sediakan Tinner yang bagus untuk membersihkan papan PCB dengan hasil maksimal.
Langkah-langkah Penggantian IC Power E09A92GA.
  • Panaskan Solder sampai maksimal, hal ini dilakukan agar tidak merusak jalur ic saat digunakan.
  • Pastikan ujung solder/mata solder bersih. Untuk membersihkan anda bisa menggunakan grease solder.
  • Blok kedua sisi IC dengan timah.
  • Panaskan kedua sisi IC secara bergantian (menggunakan satu buah solder).
  • Angkat IC jika sudah terlepas dari PCB.
  • Tutorial ini bisa dilihat di video dibawah ini.
    Demikianlah sahabat postingan saya dipagi ini tentang 'Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Epson L210, L220, L310 dan L360 MATI TOTAL Versi Dokter Printer'. Semoga postingan ini bisa memberikan pencerahan dan tambahan ilmu bagi pembaca dan pengunjung blog ini.

    Penulis menyadari bahwa dalam penulisan artikel ini pasti banyak kekurangan disana sini, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik serta masukan dari para master printer dan pembaca sekalian yan sifatnya membagung demi kesempurnaan dan kemajuan blog ini kedepannya. Untuk saran dan kritik bisa sampaikan lewat kolom komentar atau bisa juga lewat form kontak.

    Kemudian penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya jika banyak salah kata dan menghaturkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas dukungan dan kunjungan sahabat semuanya. Semoga allah memberikan berkah kepada penulis dan juga kepada sahabat.

    Mungkin sampai disini dulu pertemuan kita di kesempatan kali ini, insya allah kita sambung lagi di kesempatan yang akan datang dengan postingan yang lebih menarik lagi. Sekian, Was-Salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...
    Buka Komentar
    Template By Muh Akram