-->

4 Tips Cara Merawat Cartridge Warna Agar Awet dan Head Tidak Cepat Rusak

Bismillah, As-salamu'alaikum. Selamat pagi sahabat dokter printer dimanapun anda berada. Di pagi hari ketiga lebaran 1441H ini seperti biasa untuk mengisi waktu luang dan menyalurkan hoby saya menulis, saya akan bagikan buat anda artikel tentang '4 Tips Cara Merawat Cartridge Warna Agar Awet dan Head Tidak Cepat Rusak'. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat printer, pembaca dan pengunjung blog ini.

Cartridge adalah inti dari sebuah printer, Tanpa cartridge apalah arti sebuah printer. So, menjaga head cartridge agar tetap baik dan tidak mudah rusak adalah sebuah hal yang harus dilakukan oleh semua orang yang memiliki perangkat printer.


Cartridge yang sering ditemukan mengalami kerusakan atau ketika dipakai hasil sudah tidak sempurna adalah cartridge warna. Hal ini kerap kali terjadi karena seringnya seseorang pengguna printer itu hanya menggunakan warna hitam saja, hal ini karena memang yang dicetak seringnya cuman dokumen bukan gambar warna atau photo.

Katrid Warna mengalami kerusakan pada hasil tidak keluar atau salah satu warna tidak berfungsi disamping karena jarang dipakai juga disebabkan oleh kesalahan pengguna sendiri yang sering tidak disadari atau kurangnya pengetahuan tentang cara pengoperasian secara aman dari printer itu sendiri.


Dan berikut dibawah ini sahabat 4 Tips bagaimana cara mencegah agar Cartridge Warna kita awet dan tidak cepat rusak atau aus.

4 Tips Agar Cartridge atau Head Warna Printer Awet dan Tidak Mudah Rusak.

1. Gunakan Printer Secara Berkala Untuk Mencetak.
Gunakan printer anda secara berkala untuk menjaga head cartridge Printer anda tetap basah. Kemudian jika ada pekerjaan mencetak dalam jumlah yang banyak jangan anda print sekaligus akan tetapi bagilah menjadi beberapa tahap dan lakukan istirahat dengan memberikan jeda waktu. Untuk cetak dokumen jeda waktu yang disarankan adalah 3 menit dan untuk warna adalah 5 menit.

2. Isilah Tinta Sebelum Kehabisan.
Biasakan anda melakukan pengisian tinta sebelum kehabisan. Pasalnya kalau kita biasa mengisi tinta menunggu tinta habis hal ini akan menjadikan cartridge kita cepat panas dan merusak head dari cartridge itu sendiri. Lebih baik meluangkan waktu untuk disiplin mengisi tinta daripada hal fatal menimpa cartridge anda, karena kita head rusak anda harus membeli cartridge baru.

3. Mencetak Warna Secara Berkala.
Kalau kita sering mencetak dokumen hitam putih maka jangan sampai kita lupa untuk menggunakan printer untuk mencetak dokumen yang penuh warna, bisa gambar, atau photo yang penting banyak warna secara berkala. Hal ini untuk menjaga agar head cartridge warna tetap basah dan tidak kering.

4. Jangan Asal Mematikan Printer.
Maksudnya ketika anda selesai mencetak dokumen dan nanti masih ada keinginan untuk mencetak lagi dalam jeda waktu yang tidak sampai beberapa jam maka biarkanlah printer itu tetap hidup.

Demikian sahabat postingan saya di kesempatan pagi hari ini tentang '4 Tips Cara Merawat Cartridge Warna Agar Awet dan Head Tidak Cepat Rusak'. Mudah-mudahan Tulisan yang ringkas ini bisa bermanfaat khususnya bagi diri saya pribadi sebagai bahan catatan dan umumnya bagi anda semua pengunjung dan penggemar blog ini.


Tiada gading yang tak Retak, penulis sangat menyadari bahwa dalam penulisan artikel ini jauh dari kata sempurna, untuk itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kemajuan blog ini dari para master printer. Saran dan kritik bisa disampaikan melalui kolom komentar yang telah disediakan dibawah artikel ini atau bisa juga lewat form kontak.

Akhirnya sampai disini dulu perjumpaan kita sahabat printer, insya allah kita sambung lagi di pertemuan yang akan datang dengan postingan yang lebih baik dan lebih menarik lagi. Sekian, Was-salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...
Buka Komentar
Template By Muh Akram