-->

Langkah dan Cara Pemasangan Mainboard Epson L220, L360, L1300 dan L310

Bismillah, As-salamu'alikum. Selamat siang sahabat Blog Dokter Printer dimanapun anda berada. Sebelumnya perlu sahabat ketahui bahwa Blog ini yang sebelumnya beralamat di www.bukaprinter.com sekarang pindah ke alamat baru di https://www.avanoustic.net/. Blog yang lama masih aktif cuman sudah tidak ada update lagi.

Oke pada kesempatan siang hari ini di hari kedua bulan syawal 1441H saya akan memanfaatkan waktu lockdown dirumah untuk berkarya dengan menulis sebuah artikel yang saya beri judul 'Langkah dan Cara Pemasangan Mainboard Epson L220, L360, L1300 dan L310'. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan beberapa temen yang menginginkan adanya panduan tentang hal tersebut.


Memang pemasangan Mainboard adalah sesuatu yang sangat penting terutama pada mainboard printer epson. Mengingat mainboard epson ini harganya lumayan mahal dan seringnya kalau kita salah dan tidak tahu cara memasangnya bisa menjadikan mainboard ini bisa rusak. So, mengetahui ilmu tentang memasang mainboard adalah sesuatu yang harus anda kuasai bagi anda yang ingin merangkai sendiri.


Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah atau Panduan bagaimana cara memasang mainboard epson agar aman. Sebagai tambahan dalam proses bongkar dan pasang mainboard kondisi printer harus mati dan tidak terhubung dengan listrik PLN.

Langkah-Langkah Pasang Mainboard Epson L1300 Series
  1. Langkah pertama Test terlebih dahulu kondisi mainboard dengan cara hubungkan mainboard dengan hanya menggunakan komponen Power supply, panel on/of, dan hubungkan kabal usb ke kemputer.
  2. Kemudian jangan lupa dan ini penting pastikan pemasangan kabel panel tepat disetiap PIN nya.
  3. Hidupkan mainboard dengan menekan panel on dan jika sudah menyala lednya, selanjutnya cek apakah sudah terdeteksi perangkat baru sesuai dengan seri mainboard kita.
  4. Jika sekiranya sahabat ragu dengan kabel head konslet atau tidak maka silahkan dilepas terlebih dahulu, tapi jika tidak tidak perlu dilepas.
  5. Lepaskan panel dan usb kemudian rakit mainboard pada printer. 
  6. Kemdian cek semua kabel terutama kabel pita yang tipis, pastikan semuanya pin nya bagus dan tidak konslet dengan pin lain. Jika kabel rusak bisa di modifikasi dulu atau langsung ganti dengan kabel yang baru.
  7. Pasang semua kabelnya dan jika kabel head belum terpasang maka akan muncul general error.
  8. Setelah printer sudah menyala silahkan pasang kabel headnya ( hanya yang tadi melepas kabel headnya).
  9. Langkah terakhir Test Hasil Cetaknya. Jika hasil membayang atau tampak agak tebal silahkan lakukan setting di bagian aligment Head dengan driver printer pada windows atau dengan adjustment tool.
Langkah dan Cara Memasang Mainboard Epson L 130, L220 dan L360.
  1. Test Terlebih dahulu Mainboard dengan hanya menggunakan adaptor, panel dan usb ke komputer seperti langkah pada pemasangan mainboard epson L1300.
  2. Pastikan pemasangan kabel panel tepat di setiap pin nya.
  3. Kemudian nyalakan mainboard dengan panel jika sudah menyala pastikan dikomputer mendeteksi perangkat baru sesuai dengan seri mainboardnya.
  4. Setelah itu rakit mainboard di printer. Setelah itu pastikan kabel LF Encoder dalam kondisi bagus.
  5. Jika anda masih ragu dengan kondisi head Printernya short atau tidak, kabel pita yang terhubung dengan mainboard jangan dipasangkan dulu, akan tetapi kabel pita kecil atau kabel sensor carriage harus tetap terpasang agar pergerakan dari head tidak nabrak kanan dan kiri.
  6. Cek Kebel Head dan Scanner dan pastikan dalam kondisi bagus dan tepat dalam pemasangannya.
  7. Nyalakan printer seperti biasa jika sudah nyala dan ada pergerakan matikan dengan mencabut kabel powernya.
  8. Setelah itu silahkan pasangkan kabel head printernya dan lakukan test printer.
  9. Jika hasil sudah bagus alhamdullillah, namun jika hasil membayang dan tebel maka lakukan perbaikan seperti langkah diatas dengan adjustmen tool atau dengan setting aligment head dari driver printernya di windows.
Video Tutorial Cara Memasang Mainboard Epson L220 dan L360 Series

Demikianlah sahabat dokter printer Langkah-langkah dan cara mudah dalam memasang mainboard printer epson. Harapan saya semoga artikel ini bisa bermanfaat dan setidaknya bisa menambawah wawasan kita tentang printer.

Tiada gading yang tak retak, penulis menyadari dalam penulisan artikel ini pasti ditemukan banyak sekali kesalahan dan kekurangan, untuk itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari temen-temen demi kemajuan blog dokter printer ini.

Akhirnya sampai disini dulu tulisan dari saya dan insya allah akan kita sambung lagi di kesempatan yang akan datang dengan postingan yang lebih menarik lagi. Sekian, Was-salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...

Buka Komentar
Template By Muh Akram