Review Perbandingan Antara Epson L360 dan Epson L3110, Lebih Bagus Mana?

Bismillah, As-salamu'alaikum. Sugeng Enjang (Baca: Selamat pagi) sahabat Blog Dokter Printer dimanapun anda berada. Gimana kabar kalian hari ini? Semoga sobat selalu sehat dan bahagia selalu ya. Di kesempatan pagi ini 28 mei 2020 untuk mengisi waktu luang karena masih dalam libur lebaran 1441H saya akan menulis sebuah artikel tentang 'Review Perbandingan Antara Epson L360 dan Epson L3110, Lebih Bagus Mana?'. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan pengunjung blog ini.

Printer Epson L Series adalah printer yang saat ini tengah merajai dunia printer di pangsa asia tenggara pun mereka unnggul dengan persentase 70,1% di tahun 2017 dan 86,6% di pangsa pasar di negeri kita tercinta ini indonesia raya ini menurut IDC Qurterly Hardcopy peripherals. Untuk Review Lengkapnya bisa dibaca disini.

Namun yang akan menjadi topik pembahasan pada tulisan saya kali ini adalah Review Perbandingan antara Printer Epson L360 vs Epson L3110 Eco Tank keluaran terbaru. Karena memang printe epson L3110 ini dirancang untuk menggantikan printer epson L360 series.

Dan di tulisan ini sengaja akan kita ulas antara keduanya dimana letak perbedaan dan lebih bagus mana antara printer epson l360 dan L3110? Untuk mengetahuinya simak dan baca tulisan saya ini sampai akhir ya sahabat.

Oh iya Perbandingan ini kami lihat dari sudut panda teknis ya sahabat. Dan berikut dibawah ini ulasannya.

Printe Epson L360 Series
  • Printer Keluaran lebih lama, sehingga dipasaran sudah mulai langka dan sulit didapatkan karena printer ini memang diluncurkan untuk menggantikan seri terbaru L3110 Series Eco Tank.
  • Epson L360 belum menggunakan botol tinta tanti tumpah, sehingga dalam operasional atau penggunaanya temen-temen harus hati-hati. Terutama ketika mengisi dan ketika menutup kembali tabung tinta biar tidak meluber.
  • Kalau kita lihat dengan mengacu pada situs resminya yaitu Epson.co.id, disitu tidak ada perbedaan dalam hal kecepatan cetak. Kedua printer memiliki kecepatan cetak yang sama yaitu 33ppm untuk mono dan 15ppm untuk warna.
  • Untuk Tinta Printer Epson L360 Series tinta epson dengan seri T664
  • Kerusakan yang sering terjadi adalah pada Adaptor, ASF Roller dan Mainboard.
Printer Epson L3110 Series
  • Printer Epson keluaran terbaru sehingga printer ini mudah didapatkan dipasaran.
  • Model dan Design lebih terlihat eklusif dikarenakan tabung-tabung tinta pada printer epson L3110 ini diletakan di dalam body printer. Disamping itu level tinta bisa dilihat dari depan dan terlihat cantik. Kemudian dengan level tinta yang letaknya di depan menjadikan printer ini jarang telat mengisi tinta karena terlihat langsung dan berbeda dengan epson L360 yang letaknya di samping.
  • Botol Tinta dan tabung tinta untuk printer epson L3110 keluaran terbaru dirancang dengan botol anti tumpah, karena isi tinta dari botol ini baru mau keluar ketika dipasangkan dengan tabung tinta di printer. Dengan begitu printer ini aman untuk dibawa kemana-mana.
  • Printer Epson L3110 di Claim lebih hemat tinta walau terus terang penulis sendiri belum secara langsung membuktikannya. 
Dari penjabaran diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa antara printer epson L360 dan L3110 memiliki perbedaan dari semua sparepart atau komponen printer kecuali Print Head walau Print Head Epson L3110 memiliki kode part yang berbeda. Dari persamaan print head antara keduanya ini yang menjadikan kedua printer memiliki kecepatan cetak yang sama.

Kemudian ketika ditanya Lebih bagus mana antara printer Epson L360 vs L3110? Maka tentu jawabannya dalah RELATIF, Artinya kalau ingin printer dengan design bagus, ekslusif, anti tumpah, lebih hemat tinta maka jawabanya lebih bagus L3110 Series.

Akan tetapi kalau ingin awet dan lebih kuat dipakai dalam print jumlah banyak maka L360 menurut saya lebih bagus. Hal ini kami dapatkan review dari pemakai langsung. Printer epson l3110 banyak ditemukan kasus tidak narik kertas atau paper jam walau komponen dalam kondisi bagus.


Mungkin demikian sahabat dokter printer 'Review Perbandingan Antara Epson L360 dan Epson L3110, Lebih Bagus Mana?'. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda ketika anda akan berburu printer.

Pepatah mengatakan Tiada Gading yang Tak Retak, Penulis sangat menyadari bahwa dalam penulisan artikel ini pasti banyak ditemukan banyak sekali kekurangan untuk itu bagi sahabat, temen-temen dan juga para master printer yang mempunyai ulasan atau review bisa ditambahkan di kolom komentar dibawah artikel ini demi kesempurnaan tulisan ini.

Mungkin sampai disini dulu sahabat perjumpaan kita pada kesempatan kali ini, kita sambung lagi insya allah di pertemuan yang akan datang dengan postingan yang lebih menarik lagi, tentunya hanya di Blog Dokter Printer yang beralamat baru di https://www.avanoustic.net/. Sekian, Was-salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...
Buka Komentar
Template By Muh Akram