Pengertian Printer Dot Matrix dan Kenapa Printer ini sampai sekarang Masih digunakan?

Bismillah, As-Salamu'alaikum. Sugeng Enjang poro Sedherek, Selamat pagi sahabat Blog Dokter Printer dimanapun anda berada. Gimana kabar anda di pagi hari ini? Semoga sahabat selalu dan selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya. Di kesempatan kali ini saya akan kembali menulis artikel tentang 'Pengertian Printer Dot Matrik dan Kenapa Printer ini sampai sekarang Masih digunakan?'. Semoga tulisan ini nantinya bisa bermanfaat bagi anda pengunjung dan penggemar dari blog ini.

Kalau kita mendengar printer dot matrix maka yang terlintas dipikiran kita adalah printer jadul (jaman dulu) yang mencetak dengan suara keras dan kasar. Apa itu Printer Dot Matrix? Printer Dot Matrix adalah jenis printer yang dalam metode cetaknya menggunakan jarum atau pin yang di ketukan diatas kertas dengan pita karbon sebagai alat tulisnya.

Biasanya printer Jenis Dot Matrix banyak digunakan di kantor-kantor PPAT, Bank, BPR, Koperasi, pelaku usaha PPOB, kasir-kasir di toko atau swalayan dsb.

Printer ini termasuk printer legendaris yang muncul di awal-awal dan sampai saat ini di jaman yang serba canggih printer ini masih saja bertahan dan digunakan oleh banyak orang. Kenapa sih printer Dot Matrix Masih dipakai sampai saat ini? padahal kan printer ini dalam mencetak tidak cepat hasil cetaknya juga tidak bagus loh.

Diantara jawabannya adalah karena printer ini mampu digunakan untuk mencetak dalam sebuah kertas rangkap atau kertas Continous Form dalam sekali cetakkan. Kertas rangkap yang sering digunakan adalah rangkap dua dan rangkap tiga dan juga empat.

Toko, kantor, bank atau pelaku usaha PPOB akan sangat di mudahkan dengan adanya printer dot matrix ini, kenapa? Karena dalam sekali cetak dengan menggunakan kertas rangkap yang biasanya ada warna putih, merah, kuning dan biru dalam sekali cetak mampu menghasilkan 2,3 atau 4 dokumen atau nota.


Biasanya nota putih untuk user lunas, nota merah untuk nota Bon, Kuning untuk arsip. Jadi dengan printer dot matrik arsip data keluar masuk sebuah toko, kantor, bank dan pelaku usaha ppob akan bisa tertata rapi dan bisa dibedakan.

Jadi alasan-alasan diatas adalah alasan kuat yang menjadikan printer ini masih digunakan dan diproduksi sampai sekarang. Disamping alasan diatas  alasan lainya mungkin pita karbon yang menjadi alat cetak lebih murah dibandingkan dengan cartrid atau toner.

Demikian sahabat postingan saya di pagi hari ini tentang 'Pengertian Printer Dot Matrik dan Kenapa Printer ini sampai sekarang Masih digunakan?'. Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan menjawab pertanyaan sebagian orang yang mempertanyakan tentang alasan printer ini masih dipakai sampai sekarang.


Mungkin sampai disini dulu perjumpaan kita pada kesempatan kali ini mohon maaf atas segala kekurangan dan terimakasih banyak atas kunjungan anda semuanya. Akhir kata, Was-Salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...


Buka Komentar
Template By Muh Akram